Cara Ampuh Untuk Melawan Rasa Malas Untuk Berolahraga

Olahraga atau kegiatan pergi ke gym sudah merupakan bagian yang penting dalam gaya hidup sehat. Dengan padatnya aktifitas dan apalagi setelah melakukan sesi foto bersama jakarta siluet di lingkungan yang super sibuk seperti saat ini, merupakan sebuah tantangan besar untuk bisa berkomitmen untuk berolahraga secara teratur.

Kebanyakan dari kita sudah membuat jadwal latihan, atau kita sudah membuat jadwal latihan tapi banyak sekali alasan untuk tidak melaksanakan. Banyak teman-teman, kerabat, kenalan, dan orang yang saya temui sering mengeluh tentang keinginan untuk berolahraga secara teratur, tapi semua tampaknya memiliki alasan mengapa mereka tidak mampu melakukannya. Semua balik lagi ke komitmen 🙂

Setelah saya cermati ada beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa orang tidak berolahraga, beberapa faktor tersebut antara lain:

  1. Kurangnya waktu, atau keterlibatan dengan kegiatan lain yang dianggap prioritas yang lebih tinggi daripada latihan
  2. Keterbatasan fisik seperti setelah cedera atau sedang sakit
  3. Malas karena kurangnya komitmen

Berikut adalah 6 langkah yang saya gunakan untuk memotivasi diri untuk latihan lebih teratur:

1. Menentukan jenis aktivitas fisik Anda suka atau tidak suka, serta kegiatan yang Anda secara fisik dapat atau tidak

Fokus pada kegiatan olahraga yang anda sukai, yang mudah melakukan namun tidak harus membuat anda harus mengeluarkan banyak uang. Jika anda tidak mempunyai biaya untuk pergi ke tempat gym anda tidak perlu khawatir, karena anda masih bisa melakukan olahraga tanpa beban di rumah saja. Pilih gerakan-gerakan yang paling anda gemari, dan selalu temukan variasi-variasi baru untuk gerakan tersebut sehingga anda tidak cepat bosan.

2. Batasi waktu berolahraga anda, dan gunakan waktu tersebut semaksimal mungkin

Sehari-hari aktivitas anda dengan pekerjaan anda, ponsel, komputer, teman, atau keluarga dapat menyita banyak waktu, namun sesibuk apapun dalam sehari anda pasti makan, tidur, buang air besar dan kecil. Jadi saya rasa tidak akan sulit bagi anda untuk menyediakan 5-10 menit waktu untuk berolahraga. Anda bisa memulai olahraga anda dengan 5-10 menit, tiga hari seminggu. Cukup mudah bukan? Jika anda sudah mulai terbiasa anda bisa kapan saja menambah porsi waktu berolah-raga anda.

3. Jadikan olahraga menjadi kebiasan anda

Segala sesuatu jika dilakukan terus-menerus akan menjadi sebuah kebiasaan, dan jika yang anda lakukan terus menerus adalah menyediakan waktu untuk berolah-raga, maka anda tidak akan pernah merasakan olahraga menjadi sesuatu beban, melainkan hanya sebuah kebiasan yang membawa kesehatan bagi tubuh anda.

4. Buat dan tentukan goal anda

Melakukan segala sesuatu tanpa adanya progres hanya akan membawa anda bosan untuk melakukan hal yang sama berulang kali. Karena itu disarankan untuk selalu bikin goal dalam porsi latihan anda. Sebagai contoh, jika dalam minggu ini anda mampu melakukan push up sebanyak 20 kali maka buatlah goal baru untuk minggu depan dimana anda mentargetkan untuk bisa melakukan push up sebanyak 30 kali, begitu seterusnya.

5. Bergabunglah dengan komunitas

Berolahraga sendirian kadang menimbulkan rasa bosan, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, karena itu cobalah untuk bergabung dengan komunitas yang mempunyai minat olahraga yang sama dengan anda, misalnya: komunitas basket, atau futsal. Biasanya dengan bertambahnya teman dalam komunitas olahraga anda, semakin terpacu pula anda untuk semakin rajin berolahraga.

6. Jangan mudah menyerah

Jika anda masih menemukan diri anda susah untuk berkomitmen dalam melakukan kegiatan olahraga dengan pola 3 kali seminggu, jangan pernah menyerah. Tetaplah melakukan kegiatan berolahraga seusai kemampuan anda. Sedikit gerakan lebih baik jika tanpa gerakan sama sekali, bukan?

Leave a Reply